Kali Item Mendadak Berbusa, Anies Baswedan Salahkan Warga yang Pakai Detergen

Rabu, 02 Januari 2019 - 21:09:31 WIB Cetak

Suasana sebagian kali item yang dipenuhi busa di belakang Wisma Atlet, Jakarta Pusat, Selasa (1/1). [Foto: Suara.com]

JAKARTA(WARTAPOROS.COM) - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meninjau langsung kondisi Kali Sentiong atau Kali Item di Sunter, Jakarta Utara yang berbusa. Anies mengakui akan menemui Menteri Perindustrian dan Menteri Perdagangan terkait pengetatan detergen .

Anies mengatakan, penyebab Kali Item berbusa lantaran banyaknya limbah rumah tangga berasal dari detergen yang dibuang ke kali itu. Solusi agar Kali Item tidak lagi tercemar limbah detergen dengan mengendalikan penggunaan detergen keras yang kerap digunakan oleh warga Jakarta.

"Ketika air dari Danau Sunter itu d pompa dan dimasukkan ke Kali Item, maka limbah sisa detergen seperti diaduk dan keluar buih (busa) yang amat banyak. Dan itu memang airnya mengandung kadar detergen yang sangat tinggi," kata Anies saat ditemui di Sunter Jaya, Jakarta Utara, Rabu (2/1/2019).

Loading...

Pengelolaan yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta hanya berupa pengendalian di bagian hilir saja. Anies berupaya agar limbah detergen tidak mencemari lingkungan.

Anies pun berencana untuk menemui Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita untuk membahas pengendalian detergen. Sebab, masalah busa yang ditimbulkan di Kali Item tidak akan pernah selesai bila masalah dari hulu tidak diselesaikan.

"Saya akan mengatur untuk bisa bicara dengan menteri perindustrian dan menteri perdagangan agar ada regulasi yang lebih baik yang menyangkut detergen di Indonesia," ungkap Anies.

Sebelumnya, busa tebal berwarna putih tiba-tiba muncul dan memenuhi Kali Item yang ada di sebelah Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (1/1/2019). Munculnya busa di Kali Item pun memantik rasa penasaran warga.**



Baca Juga Topik #kesehatan+
Business

5 Manfaat Sendok untuk Kecantikan, Selamat Mencoba

Ahad, 30 Desember 2018
Business

5 Tips Membantu Berhenti Merokok

Rabu, 02 Januari 2019
Business

BB Capai 300 Kg, Titi Ingin Langsing Seperti Dulu

Senin, 07 Januari 2019


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+