2019, Rektor Targetkan Prodi di Unri yang Terakreditasi A Terdaftar di AUN-QA

Senin, 31 Desember 2018 - 16:09:44 WIB Cetak

Aras Mulyadi

PEKANBARU(WARTAPOROS.COM) -- Pada tahun 2019 mendatang, Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Ir Aras Mulyadi DEA menargetkatkan Program Studi yang berakreditasi A terdaftar di Asesmen AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance). AUN (ASEAN University Network) merupakan organisasi universitas di negara-negara ASEAN. Tujuan AUN adalah untuk meningkatkan kualitas standar universitas di ruang lingkup ASEAN.

Aras menjelaskan, dalam kurun beberapa tahun ini, jumlah Program Studi yang memperoleh Akreditasi A bertambah cukup signifikan. Terdapat 27 Program Studi sudah naik akreditasinya menjadi A.

“AUN-QA mengacu ke standar akreditasi international, dimana Anggota AUN dan prodi yang telah di-asses AUN, mahasiswanya dapat mengikuti program kredit transfer dengan universitas-universitas anggota AUN. Ada beberapa komponen yang dinilai dalam AUN-QA, diantaranya adalah kurikulum, dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan,”jelas Rektor Aras.

Loading...

Dalam menghadapi AUN-QA ini Unri telah mempersiapkan diri secara matang, agar Program Studi tersertifikasi taraf AUN-QA harus teridentifikasi secara jelas kedepannya.

“Saat ini Unri telah memiliki program studi yang berkualitas pada seluruh strata pendidikan dan memenuhi tuntutan masyarakat pengguna dengan memanfaatkan potensi keunikan sebagaimana yang tertuang dalam PIP, yang meliputi persentase program studi terakreditasi minimal B sudah mencapai 83 %, publikasi Internasional sebanyak 176 judul, publikasi nasional 188 judul, HKI yang didaftarkan sudah sebanyak 68, penelitian yang dimanfaatkan masyarakat sebanyak 10 penelitian tepat guna, jumlah prototipe industri sebanyak 3, jumlah prototipe sebanyak 12, jumlah Sitasi karya Ilmiah sebanyak 7594 Sitasi, serta beberapa Jurnal bereputasi terindeks global sedang dalam proses,” urainya.

Berikutnya terkait dengan tata kelola berbasis Good University Governance untuk mencapai Universitas Riau yang bermartabat. Pada tahun ini Universitas Riau memperoleh akreditasi institusi “A”. dengan persentase dosen bersertifikat pendidik sebanyak 84 %, dosen berkualifikasi S3 sebanyak 32 %, dosen dengan jabatan lektor kepala sebanyak 38 %, dosen dengan jabatan guru besar sebanyak 5,8 %.

Begitu juga terbukanya kesempatan bagi Siswa-siswi tamatan SMA/MA/SMK sederajat calan mahasiswa Unri yang hafiz Al Quran berprestasi untuk diterima sebagai mahasiswa Universitas Riau melalui jalur Mandiri Penelusuran Bakat dan Minat (PBM) Universitas Riau”

"Untuk penerapan sistem tepat waktu dalam pelayanan Ijazah, Unri sudah menyerahkan ijazah dan transkrip akademik mahasiswa yang telah menamatkan pendidikannya saat pelaksanaan wisuda. Selain itu, Unri dalam pelayanan akademik berbasis online, selain proses penerimaan mahasiswa baru , evaluasi mahasiswa, proses perkuliahan, dan pendaftaran wisuda juga dilakukan secara online," jelasnya.***



Baca Juga Topik #riau+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+