Ditemukan Peninggalan Sejarah Diduga dari Kerajaan Pekantua

Selasa, 15 Oktober 2019 - 14:46:08 WIB Cetak

Penemuan Kendi atau Tako di Desa Tolam, diduga peninggalan sejarah Kerajaan Pekantua

WARTAPOROS.COM--Terkait hebohnya penemuan harta karun di kawasan Desa Tolam, Kabupaten Pelalawan. Diduga harta karun itu bagian dari peninggalan Kerajaan Pekantua, sebelum berdirinya Kerajaan Pelalawan.

Informasi dihimpun wartaporos.com, beberapa waktu lalu pada tanggal 9 Oktober 2019. Kepala Desa Tolam, Rupardi, Tokoh pemuda dan masyarakat setempat mendatangkan lokasi harta karun, dengan menggunakan alat seadanya warga langsung melakukan penyelaman, sekira pukul 09.30 WIB tim penyelam menemukan kendi atau tako yang biasa disebut masyarakat setempat.

Kepada wartaporos.com, Selasa (15/10/19). Tokoh muda Desa Tolam, Zamifar, dengan penemuan kendi atau yang biasa disebut masyarakat tako ini memiliki nilai sejarah. Tentu perlu dilakukan penelitian secara mendalam dengan temuan kendi tersebut.

"Kita harapkan arkeolog dari Balai Arkeolog Riau dapat secepatnya melakukan penelitian dengan penemuan kendi yang memiliki nilai sejarah ini,"kata Zamifar yang juga Pengiat Anti Korupsi Provinsi Riau ini.

Ditambahkan Zamifar, bahwa penemuan kendi berada di kawasan bersejarah, yang dulunya Kerjaan Pekantua, sebelumnya berdirinya Kerajaan Pelalawan di Kelurahan Pelalawan.

"Kita berharap dengan penemuan benda langka ini, akan menjadi aset berharga negeri seiya sekata, umumnya negeri lancang kuning,"pungkasnya. (Erik)





Baca Juga Topik #wisata+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+
Pariwisata

Festival Perang Air Menuju Rekor MURI

Rabu, 23 Januari 2019
Pariwisata

Keseruan Festival Penis di Jepang

Senin, 18 Maret 2019
Pariwisata

Ketum PMP Kecam PT MGI Tidak Membantu Padamkan Api

Kamis, 01 Agustus 2019