Cerita Guru Honorer di Solok Selatan, Gaji Rp 75.000/Bulan

Kamis, 10 Oktober 2019 - 16:36:09 WIB Cetak

Masih Ada Tenaga Pengajar Yang Menerima Honor Rp 75 Per Bulan

SOLSEL, WP.COM- Gaji guru honorer yang tak layak memang jadi masalah klasik. Banyak dari mereka yang telah bekerja dalam waktu lama, tapi mendapatkan gaji yang tidak setimpal.

Seperti di SMPN 35 Solok Selatan (Solsel). Meski sudah bertahun mengabdi, para guru honorer ini hanya menerima gaji Rp.75 ribu/ bulan. Atau  Rp 4000/jam, dari kompensasi dana BOS.

Salah seorang tenaga pengajar honorer yang enggan ditulis namanya saat dikonfirmasi mengatakan. Dirinya sudah bertahun mengabdi di sekolah itu, namun gaji yang diterimanya tidak sebanding dengan tugas berat yang diembannya.

Loading...

"Saya akui guru honorer itu memang tidak dibutuhkan, namun kami ingin mengabdi, dan ingin juga dihargai," kesahnya.

Tugas kami para guru honorer itu melebihi tanggung jawab dari seorang ASN. Bayangkan, kami harus datang lebih awal kesekolah dan pulangpun paling belakangan. 

" Namun itu tidak kami permasalhkan. Harapan kami mohonlah diperhatikan juga kami- kami (Guru Honorer,red) ini," imbuhnya. 

Sementara, Kepala SMPN 35 Jhon Hardi, tidak menampik kabar tersebut.  Ia mengakui adanya sejumlah guru honorer yang sampai saat ini masih menerima gaji tidak sesuai dengan UMR.

" Sebanyak sepuluh orang guru honor itu sudah mengabdi sejak tahun 2010. Kita juga kasihan disaat mereka menerima gaji hanya Rp 75 ribu per bulan. Dengan rasa kemanusian pihak sekolah  berkeinginan untuk memberikan tambahan gaji, namun kita diikat dengan aturan. Dan Sekolah  hanya menerima dana bos sebanyak 60 juta," jelas Jhon Hardi, kepada media baru baru ini.

" Kasian juga pendapatan mereka tidak sebanding dengan ilmu yang mereka berikan," imbuhnya.

Untuk itu, Jhon Hardi meminta kepada Pemda mencari solusi terkait upah guru honorer. " Kami tidak meminta pembangunan, namun kami hanya meminta penambahan guru PNS, dan sekiranya  Pemda bisa menganggarkan gaji guru honor itu melalui Boswasda, " harapnya. (ABG)





Baca Juga Topik #nasional+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+
Pendidikan

Pengumuman Kelulusan Disambut Sujud Syukur

Selasa, 14 Mei 2019
Pendidikan

MAN Dumai Kirim 12 Siswa ke Jatim

Kamis, 31 Januari 2019