Viral Aplikasi Kontool Akan Masuk Indonesia, Perlukah Ganti Nama? 

Rabu, 04 September 2019 - 16:26:49 WIB Cetak

Aplikasi Kontool.(Foto:Int)

WP.COM--Beberapa waktu terakhir, warganet Indonesia dihebohkan dengan sebuah perusahaan teknologi dari Jerman yang mengeluarkan produk aplikasi. Pasalnya, nama perusahaan sekaligus software yang diusung memang cukup sensitif di nusantara, yakni aplikasi Kontool.

Nama tersebut pun diasosiasikan oleh warganet Indonesia dengan organ genital laki-laki. Karena itulah, pada laman Facebook Kontool pun ramai oleh netizen Indonesia. Mulai dari yang bercanda hingga benar-benar mendukung, kolom komentar Kontool pun kebanjiran.

1. Pihak Kontool tidak tersinggung

Loading...

Rupanya, feedback dari masyarakat Indonesia yang begitu ramai tidaklah menyinggung pihak Kontool sekalipun mereka telah mengerti alasan mengapa keberadaannya dapat menjadi sedemikian heboh. Sebaliknya, perusahaan ini justru berterima kasih atas antusiasme yang diberikan. 

2. Asal usul nama: konto dan tool

Tentunya, Kontool juga tak diam begitu saja. Dalam salah satu unggahannya, pihak Kontool menerangkan bahwa nama tersebut merupakan perpaduan dari kata 'konto' dan 'tool'. Dalam bahasa Jerman, konto berarti rekening, sementara dalam bahasa Inggris tool berarti alat.

3. Mengubah nama untuk pasar Indonesia

Masih dalam unggahan yang sama, pihak Kontool menyatakan bahwa bila nanti mereka akan masuk ke Indonesia, nama aplikasi yang dihadirkan pun akan diganti. Hanya saja kini mereka masih berfokus untuk melakukan persaingan di pasar Jerman terlebih dahulu.

4. Warganet masih banyak salah fokus

Sesungguhnya, Kontool sendiri merupakan aplikasi pengelola keuangan dengan berbagai fitur seperti perhitungan pajak, pengolahan data keuangan, dan prediksi kondisi finansial pengguna di masa mendatang. Sayangnya, warganet Indonesia justru salah fokus. Alih-alih fokus pada keutamaan fitur-fitur pada aplikasi ini, sasaran yang dituju justru keunikan nama yang dipilih.

Di antara ramainya warganet yang mengomentari negatif tentang nama aplikasi Kontool, ada pula beberapa yang justru meminta maaf atas kelakuan netizenIndonesia lainnya. Wah wah... bagaimana menurutmu?


Sumber: IDNtimes



Baca Juga Topik #games+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+