Ini Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan

Jumat, 30 Agustus 2019 - 01:10:52 WIB Cetak

Ilustrasi.(Foto:Int)

WP.COM--Teh merupakan minuman yang digemari banyak kalangan. Baik teh hijau maupun hitam, keduanya memiliki manfaat bagi tubuh. Teh biasanya didapatkan dari seduhan daun teh kering atau celupan kantung teh. 

Biasanya ampas teh akan dibuang jika tak menghasilkan teh yang pekat lagi. Ampas teh baik berupa seduhan daun teh atau kantung teh sering terbuang begitu saja. Padahal, ampas teh masih dapat digunakan untuk perawatan wajah.

Khasiat teh masih bisa didapat dari ampas teh ini. Teh sebagai antioksidan yang kuat mampu merawat kulit dari efek radikal bebas. Ampas teh bisa digunakan sebagai masker, toner, atau mempermudah proses pengelupasan kulit mati. Berikut manfaat ampas teh untuk kecantikan yang berhasil Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (13/8/2019).

Loading...

Atasi Jerawat

Dilansir dari Healthline, menurut sebuah ulasan pada tahun 2016, EGCG dalam teh hijau memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba. Mereka telah menunjukkan peningkatan dalam mengobati jerawat dan kulit berminyak. Berikut cara penggunaannya:

Ambil ampas teh dari satu atau dua kantong teh dan basahi dengan air hangat.

Campur ampas teh dengan madu atau gel lidah buaya.

Oleskan campuran ini pada area yang rawan jerawat di wajah.

Biarkan masker selama 10 hingga 20 menit.

Bilas dengan air hangat. Ulangi tiap dua kali seminggu.

Bantu Hilangkan Kantung Mata


Kandungan kafein dalam teh membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan dapat menghilangkan lingkaran hitam di area mata. Tanin dalam teh juga dapat membantu mengurangi bengkak di mata. Berikut langkah-langkahnya:

Peras kantong teh untuk menghilangkan kelebihan cairan yang ada.

Masukkan kantong teh di lemari es selama 10 hingga 20 menit.

Tempatkan kantong teh di mata tertutup Anda hingga 30 menit.

Meskipun penelitian klinis tidak mendukung metode ini, Mayo Clinic merekomendasikan penggunaan kompres dingin untuk menghilangkan bengkak dan kantung mata. Juga, menurut artikel 2010 dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, kafein dalam teh hijau dapat menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan, dan masih banyak manfaat laiinya.***



Baca Juga Topik #kesehatan+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+