Alat Deteksi Buatan Jerman Bakal Dipasang di Hutan Pakan Rabaa Timur

Kamis, 25 Juli 2019 - 10:11:54 WIB Cetak

Nasri, Wali Nagari Pakan Rabaa Timur.

SOLOK SELATAN, WP.COM -- Hutan yang ada di Nagari Pakan Rabaa Timur Kecamatan KPGD, Solok Selatan (Solsel) akan diawasi dengan alat  canggih. Alat ini mendeteksi kegiatan di khawasan hutan.  

Alat tersebut didatangkan dari Negara Jerman. Rencananya akan dipasang pada tiga titik yang sudah dipersiapkan oleh pihak Nagari.

" Tiga titik lokasi yang akan dipasang alat pendeteksi adalah pertama di Tanjuang Nan Ampek, Sapan Sungai Duo,Pinti kayu ketek," demikian dikatakan Wali Nagari Pakan Rabaa Timur, Nasril, saat dikonfirmasi diruang kerjanya baru baru ini. 

Loading...

Dijelaskan Nasril, bahwa pihak Nagari tidak mengeluarkan dana sepersen pun untuk penggunaan alat canggih tersebut. Alat ini merupakan bantuan lepas dari sebuah lembaga dibawah koordinator LSM Warsih. 

"Program ini sudah kami rancang sejak dua tahun yang lalu dan telah dimasukan dalam renja Nagari, kemudian kami kirimkan melalui LPHN,"   tambahnya. 

Bantuan pemasangan alat pendeteksi itu nantinya akan berfungsi untuk mengenal suara binatang buas, kebakaran hutan, kerusakan hutan, aktifitas masyarakat didalam hutan, serta bisa melihat kondisi geografis tanah. 

 " Alat ini bisa masuk ke server nagari  berbentuk suara, dari suara inilah para ahli ya nanti yang akan menentukan apa yang terjadi dihutan itu nanti," paparnya.

Kemudian, lanjutnya, Para ahlinya nanti akan diambil dari pemuda Nagari, sebanyak lima orang mereka nantinya juga akan disekolahkan dan diberikan pembekalan terhadap alat alat canggih ini. Luas hutan nagari yang akan dipantau oleh alat ini 5140 Ha, yang terdiri dari hutan lindungdung 4450 Ha,hutan produksi terbatas 690 Ha. 

" Dengan adanya alat ini pihak nagari akan cepat mengetahui aktifitas masyarakat didalam hutan nagari seperti, merusak hutan, bencana, termasuk aktifnya dan suara sejumlah binatang. Semua ini akan diketahui melalui suara yang dikeluarkan oleh alat dan masuk ke Server yang dimiliki nagari," pungkas Nasril.(ABG)



Baca Juga Topik #serba serbi+


Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+