BKSDA Riau Lakukan Observasi Kemuculan Harimau Dikebun Warga Desa Tolam

Sabtu, 13 Juli 2019 - 12:39:32 WIB Cetak

BKSDA Riau Bersama Warga Desa Tolam melakukan observasi kemunculan harimau di Perkebunan warga

WARTAPOROS.COM--Diduga sering berkeliaran Harimau di perkebunan masyarakat, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau bersama warga Desa Tolam, Jumat (12/7/2019) turun kelapangan untuk menindak lanjuti laporan masyarakat.

Dengan didampingi Kepala Desa Tolam Pardi, Bhabinkamtibmas Brigadir Anggiat Siregar SH dan Tokoh Masyarakat Kualo Tolam memberikan informasi kepada BKSDA Riau langsung melakukan observasi kemunculan harimau di perkebunan warga yang berada diseberang Desa Tolam.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan terhadap warga yang beraktivitas di perkebunan, serta mencegah terjadi korban serangan harimau.

"Kita yang mengundang BKSDA Riau untuk menindak lanjuti temuan hewan buasa seperti harimau yang sering muncul di perkebunan warga, bahkan dalam sebulan ini banyak warga melihat secara langsung harimau tersebut,"ujar Kepala Desa Tolam, Pardi kepada Wartaporos.com.

Sambung Pardi, dengan kemunculan harimau di perkebunan mengakibatkan keresahan dimasyarakat, bahkan sebagian masyarakat tidak berani melakukan aktivitas diperkebunan. Dengan kehadiran BKSDA Riau mampu mengatasi persoalan yang terjadi, dapat kembali masyarakat beraktivitas seperti biasanya.

Sementara itu, BKSDA Riau melalui bidang wilayah satu ( I ) rengat, team dibawah komando M Putrapper mengatakan, bahwa ditemukan banyak jejak kaki harimau, sehingga dipasanglah kamera pendeteksi dilokasi lokasi yang mungkin tempat harimau tersebut melintas.

"Disini memang benar adanya harimau dilihat banyaknya jejak kaki harimau, kita sudah memasang kamera pendeteksi untul memantau keberadaan harimau tersebut. Setelah itu, kita menunggu dua minggu kedepan karena itulah proses yang harus di lakukan oleh team,"terangnya.

Selanjutnya, data-data yang berhasil di dapat akan dibawa kekantor supaya bisa di teliti kembali, agar mengetahui penyebab harimau tersebut bisa berkeliaran di perkebunan warga. Dia berpesan kepada warga yang memiliki kebun dan beraktifitas di perkebunan tersebut agar selalu berhati-hati dan selalu waspada semoga persoalan ini bisa secepatnya terselesaikan. (Indra)





Loading...
Tulis Komentar +

Berita Terkait+