6 Manfaat Kolang-kaling Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Ahad, 05 Mei 2019 - 15:51:58 WIB Cetak

Kolang-Kaling/Net

WARTAPOROS.COM-- Kolang-kaling, buah yang satu ini banyak dicari ketika bulan Ramadhan. Buah ini seringkali dijadikan menu berbuka puasa,  dijadikan campuran untuk es buah, es campur bahkan kolak, sesuai dengan selera masing-masing.

Meskipun kerap jadi buah favorit di Bulan Ramadhan, tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya buah kolang kaling mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari serumpi.com, berikut khasiat dari buah kolang kaling.

1. Menurunkan berat badan.

Loading...

Buah ini cocok bagi yang sedang melaksanakan program penurunan berat badan atau diet. Kadar gelatin pada kolang kaling cukup tinggi, sehingga bisa memberikan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

2. Memperlancar sistem pencernaan.

Buah Kolang-kaling merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Terdapat setidaknya 39% serat di dalam buah mungil ini. Tentunya kandungan serta tersebut bisa membantu melancarkan buang air besar dan pastinya menyehatkan pencernaan.

3. Mencegah Osteoporosis.

Meskipun kecil, buah ini ternyata mengandung kalsium yang cukup tinggi. Setidaknya terkandung 91 mg kalsium, hanya pada 100 gram kolang kaling saja. Kalsium tentunya sangat baik untuk kesehatan tulang dan mencegah Osteoporosis.

4. Kaya akan vitamin A, B dan C.

Kolang-kaling merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin A, B dan C. Karena kandungan vitamin-vitamin tersebut cukup tinggi, maka hanya dengan rutin mengonsumsi kolang kaling, kamu tak perlu tambahan suplemen lagi.

5. Mengobati radang sendi dan nyeri.

Terdapat salah satu zat penting di dalam Kolang-kaling, yaitu zat galaktoman. Zat ini bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri pada sendi. Bahkan untuk masa penyembuhan radang sendi, kabarnya obat paling mujarab adalah 100 gram Kolang-kaling yang direbus tanpa garam.

6. Menjaga kebugaran dan stamina.

Banyak nutrisi penting yang terkandung di dalam Kolang-kaling, yaitu fosfor, mineral, kalsium dan zat besi. Semua zat-zat tersebut sangat membantu dalam menjaga kebugaran dan stamina. Oleh sebab itu, tak heran jika makanan satu ini sangat cocok bagi orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa, seperti di Bulan Ramadhan sekarang ini.***



Baca Juga Topik #kesehatan+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+