BBPP Batangkaluku Gelar Pelatihan Pertanian se-Asean

Jumat, 26 April 2019 - 14:59:42 WIB Cetak

BBPP Batangkaluku Gelar Pelatihan Internasional se-Asean

WARTAPOROS.COM - Balai Besar Pelatihan Pertanian Batangkaluku (BBPP-BK) menggelar pelatihan pertanian bertajuk “Internasional The ASEAN Training Course On Water Management For Agriculture”, di Gowa, Sulawesi Selatan, Jumat (26/04).

Pelatihan pertanian ini melibatkan tujuh negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Antara lain Filipina, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Laos, Malaysia dan Indonesia. BBPP juga menggandeng Asean Sekretariat sebagai penyelenggara.

Dalam kesempatan ini, Para peserta berkesempatan mengunjungi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa. Kunjungan ini guna visitasi dan sharing mengenai penguatan institusi dan pengembangan bisnis melalui penguatan kelembagaan petani seperti koperasi pertanian.

Loading...

Dimana, di Indonesia kelembagaan ekonomi petani itu sangat berperan penting dalam mendukung kegiatan para petani, pembentukan lembaga ekonomi petani merupakan langkah pertama dalam pemberdayaan masyarakat, yang diharapkan akan menjadi penggerak Ekonomi di masyarakat pedesaan.

Selain itu lembaga dalam bentuk koperasi petani berfungsi untuk mengatasi ketergantungan petani pada penyediaan pupuk, akses ke modal termasuk tabungan dan pinjaman, peralatan, teknologi pertanian.

"Para petani diharapkan dapat meningkatkan pendapatan / profit bagi petani dan bekerjasama dengan kelompok yang didukung peranan penyuluh dan pemerintah tentunya", ujar Muridah Muis, Dosen Polbangtan Gowa.
Lanjutnya, khususnya dikelembagaan petani, Indonesia itu penuh dengan ciri khas ke tradsionalannya, dengan kerjasama gotong royong. Karena berdasarkan prinsip gotong royong kelembagaan ekonomi itu bisa tetap berjalan di Indonesia. Sementara di negara lain masih banyak yang belum menerapkan hal ini.

"Melalui kunjungan dari Negara-Negara ASEAN ini juga, kita bisa saling tukar pengalaman serta diskusi, membandingkan pengelolaan kelembangan yang ada di negaranya masing-masing,” jelas Muridah.

Sambil berkeliling melihat lingkungan dan Sarana Prasarana Kampus Polbangtan Gowa, Jared Boscio Bofill peserta ASEAN Asal Filipina mengatakan Pelatihan yang diadakan di Indonesia, terkait water management system membantu kita dalam mengenal berbagai water system, management.

“ Karena kita bisa membandingkan kondisi sistem irigasi di berbagai negara khususnya dinegara ASEAN,” ucap Jared Boscio Bofill.

 

Reporter A.Tahang



Baca Juga Topik #pendidikan+
Loading...
Tulis Komentar +
Berita Terkait+