Polres Meranti Gelar Istighosah Cegah Karhutla dan Doa Bersama Sambut Ramadhan 1444 H

Jumat, 31 Maret 2023 - 20:24:39 WIB

MERANTI, WARTAPOROS.COM  - Polres Kepulauan Meranti Polda Riau, Selasa (21/3/2023) malam, bertempat di halaman Mapolres, menggelar istighosah dalam rangka mencegah bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla), serta doa bersama menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah.

Kegiatan istighosah dan doa bersama tersebut dipimpin oleh Pengurus PCNU Kepulauan Meranti ustadz Mardiyo Hasan SPdi.

Kepada para jemaah yang hadir, ia mengajak untuk bersama-sama menyerahkan sifat kehambaan seraya  memohon kepada Allah lewat istighotsah agar kabupaten ini terhindar dari segala bencana. Sehingga masyarakat mendapatkan kebahagiaan, ketenangan dan kesejahteraan

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, dalam sambutannya berterimakasih kepada pihak-pihak yang telah ikut mensuport kegiatan ini, sehingga terlaksana dengan lancar.

"Kami berharap kita semua dapat memetik hikmah pada acara malam ini dan semoga kabupaten Kepulauan Meranti terhindar dari berbagai bencana," ucapnya.

Dengan terselenggaranya acara ini, lanjut Kapolres, semoga dapat lebih mendekatkan diri dan meningkatkan iman kepada sang Pencipta Tuhan Yang Maha Esa dalam menyambut bulan suci Ramadan, serta memohon pertolongan kepada Allah agar diberi keselamatan, kebaikan dan kemudahan, khususnya bagi masyarakat Meranti.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH MM, dalam kesempatan itu mengatakan bahwa pihaknya mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut.

Tentunya, kata Bupati, ini yang tiada lain dimaksudkan untuk memohon doa kepada Allah SWT agar bangsa dan negara kita  khususnya Kabupaten Kepulauan Meranti terbebas dari karhutla dan bencana lainnya.

"Semoga kegiatan Istighosah dan berdoa bersama dalam menyambut bulan suci Ramadan ini dapat membawa kebaikan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Meranti. Insha Allah dengan kebersamaan kita ini, mudah-mudahan Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmatnya kepada kita semua," ucap Adil.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada anak yatim piatu oleh Bhayangkari Cabang Kepulauan Meranti dan tausiyah singkat dari Ketua MUI ustadz Dr. Imam Ghazali, serta Mahalul Qiyam.

Ia mengajak bersama mendoakan hajat Polres Meranti tersebut agar kabupaten Meranti terhindar dari bencana, dan semua umat muslim dapat melaksanakan ibadah puasa ramadhan 1444 Hijriyah ini dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan Istighosah juga di isi doa yang dipimpin oleh ustadz Muhammad Dalhar pengasuh pondok pesantren Ummul Quro.

Ikut hadir dalam acara itu, Sekda Drs Bambang Suprianto, anggota DPRD Kepulauan Meranti Khusairi,  Danramil 02 Tebingtinggi Kapten (Arh) Isnanu, Danposal Selatpanjang Letda Laut (KH) Justine, para Pju Polres, Kepala OPD, perwakilan Pengadilan Agama HM Arifin SH, Kakan Kemenag Drs Sulman SAg, Ketua Bhayangkari Cabang Kepulauan Meranti Ny Ipha Andi Yul bersama pengurus, Camat Tebingtinggi Barat Rinaldi SH MSi, Kepala Desa Gogok Darussalam Sugianto, para pengasuh pondok pesantren beserta santri/santriwati dan personel Polres. (nik)