Danrem 031/WB Kunker Ke Meranti, Panen Cabai Rawit dan Mulai Pembangunan Aula Koramil 02/TT.

Rabu, 29 Maret 2023 - 22:55:24 WIB

MERANTI, WARTAPOROS.COM – Komandan Resor Militer 031 Wira Bima, Brigjen. TNI. Parlindungan Hutagalung melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, pada Rabu (29/3/2023).

Tiba di Pelabuhan Penumpang Tanjung Harapan, Danrem disambut hangat oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar, Kapolres AKBP Andi Yul, unsur Forkopimda, Danramil 02 Tebing Tinggi (TT) Kapten. Arh. Isnanu, Danramil 06/Merbau Kapten Arh Efri Nasution dan Prajurit TNI lainnya.

Tampak Danrem  didampingi Kasiter Kolonel. Inf. Hipni Maulana, Kasipers Kolonel. Inf. Asep Supriatna, Dandim 0303/Bkls, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto, Pasiops Kapt. Czi. Suratmin, Pasilog Lettu. Inf. Ucok Doni Samosir, Penerangan Kodim 
0303/Bkls dan rekan prajurit lainnya, 
langsung menuju kebun cabai hasil karya nyata Babinsa Koramil 02/TT, Sertu Amri. dalam upaya menetralisir inflasi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat,  dengan menyewa lahan tidur bersemak belukar yang telah sekian lama tak produktif.

Bak disulap, setelah dikelola oleh Sertu Amri, lahan tidur tersebut kini berubah menjadi hamparan kebun cabai rawit produktif yang buah nya melimpah, bahkan hasil panen kebun tersebut telah mencapai 4 Kwintal atau sekira 400 kilogram.

Keberhasilan Sertu Amri Ini, adalah merupakan wujud kepatuhan seorang prajurit terhadap perintah dan intruksi dari satuan atas dalam hal ini Dandim 0303/Bkls guna mencegah langkanya komoditi cabai di pasaran.

Dengan tersedianya stok cabai rawit, maka inflasi atau lonjakan harga bisa diatasi dengan optimal hingga mendongkrak daya beli masyarakat, disamping itu, dalam proses mengelola kebun cabai tersebut,  prajurit Kodim 0303/Bkls itu juga memberdayakan masyarakat setempat mulai dari membersihkan semak, menyiapkan lahan tanam, penyemaian dan penanaman bibit, perawatan, hingga memasuki masa panen.

Semua warga yang terlibat, ikut mendapat manfaat, mulai dari sisi ekonomis upah yang diterima, selain dari pada itu masyarakat juga mendapat pengetahuan baru tentang bagaimana teknik bertanam cabai hingga menghasilkan panen melimpah seperti yang digeluti Sertu Amri dan jajaran.

Hal inilah yang mendorong Danrem hingga akhirnya melaksanakan kunjungan kerjanya, di tengah kemelut tugas yang cukup menyita waktu. “Alhamdulillah, akhirnya saya berkesempatan berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam kesempatan itu, Brigjen TNI. Parlindungan Hutagalung, Danrem 031 /WB mengungkapkan rasa banganya, " Saya bangga karena anggota saya di wilayah Koramil 02/TT yang merupakan jajaran Kodim 0303/Bkls berhasil mengelola lahan tidur menjadi kebun cabai yang sangat produktif dan bermanfaat luas bagi masyarakat".

Karya nyata dan kinerja prajurit kita ini layak diapresiasi dan patut dicontoh oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan meredam inflasi di masyarakat secara umum,” tutur Darem.

Selain mengapresiasi, Danrem ikut bersama- sama memetik buah cabai rawit yang telah masuk masa panen. Raut wajah sumringah bertopi rajutan bambu penangkis sengat mentari, Danrem satu ini sangat terpukau dengan hasil kerja anggotanya, apalagi saat menunjukkan karung-karung besar berisikan hasil panen cabai rawit, kegembiraan Danrem seolah tak mampu diungkap lewat kata-kata. “Saya, dan kita semua sangat bangga. Cabainya panen melimpah. Sepintas nampak sepele, namun hasilnya bermanfaat, bernilai ekonomis dan sangat menjanjikan sekali. Semoga bermanfaat dan bisa membantu masyarakat dalam menumbuhkan bahkan menggerakkan roda ekonomi lewat bercocok tanam,” ungkap Jenderal TNI bintang satu ini.

Usai panen cabai, seluruh rombongan beranjak menuju lokasi pembangunan Aula Koramil 02/TT, tampak Danrem memulai proses pembangunan fasilitas kemiliteran berupa gedung serba guna di bawah kewilayahan Kodim 0303/Bkls yang ditandai dengan peletakan batu pertama.


“Dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam, kita mulai pembangunan Aula Koramil 02 Tebing Tinggi ini yang kita tandai dengan peletakan batu pertama pada hari ini. Pembangunan gedung ini tak lepas dari dukungan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, oleh karena itu atas nama pribadi dan institusi, saya ucapkan terima kasih yang sangat mendalam,” hatur Danrem 031/WB.

Usai panen cabai, Danrem dan jajaran menyerahkan tali asih kepada anak Yatim, pemberian Reward dan bingkisan kepada prajurit atau Babinsa berprestasi serta memberi pengarahan kepada seluruh jajaran sempena lawatan kerja ke Kepulauan Meranti.

“Jangan lelah berbuat kebaikan, jangan lelah mengayomi masyarakat. Ingat, kita berasal dari masyarakat, maka ayomilah masyarakat dan jadilah solusi atas kesulitan yang dialami masyarakat. Jadilah prajurit tangguh yang tak kenal lelah,” seru Danrem beriring semangat kelada seluruh anggota yang hadir.

Tak lupa, ia mengajak seluruh prajurit, unsur Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat untuk tetap waspada dan bersama-sama atasi potensi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). “Satu lagi, jangan sampai kita kalah dengan keadaan. Kita harus bersatu padu mengentaskan Karhutla, sama-sama kita tuntaskan dan cegah terjadinya bencana asap,” tukasnya.

Dalam lawatannya, guna menjaga sinergitas, Komandan Korem 031/WB juga mengunjungi Polres Kepulauan Meranti.(nik)