Peternakan Babi di Kampar Resahkan Masyarakat

Kamis, 15 Desember 2022 - 20:20:39 WIB

Camat Siak Hulu Kabupaten Kampar Rahmat Fajri

Kampar - Pemerintahan Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar sudah letih dengan adanya peternakan Babi di Desa Tanah Merah yang berdampak pada lingkungan dan berharap ada tindakan dari Pemerintah Daerah, Kamis (15/12/2022)

Hal itu disampaikan oleh Camat  Siak Hulu Rahmat Fajri ketika dikonfirmasi melalui jaringan telpon pribadinya via WhatsApp. "Sudah beberapa kali kita sampaikan kepada peternak namun mereka tetap mengindahkan himbauan dan pemanggilan yang kami lakukan",imbuh Rahmat Fajri. 

"Bahkan dalam usaha yang telah lama mereka lakukan ini tidak ada memiliki izin satupun hingga saat ini dalam peternakan tersebut jumlah babinya mencapai sebanyak 1.500 ekor berdasarkan data yang kami peroleh dari perangkat desa", ucap Camat Rahmat Fajri. 

Ditambahkan Fajri dampak bagi lingkungan terhadap peternakan babi ini sudah dirasakan oleh masyarakat dimana limbah kotorannya sudah menimbulkan bau yang tak sedap ditengah pemukiman masyarakat.

Pihak pemerintahan setempat telah melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah kabupaten dan kini tinggal pemanggilan dari Penjabat Bupati aja kapan akan dilaksanakan pembahasan.

Kita sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dalam persoalan ini dan nanti akan dilanjutkan oleh pak bupati kepada kami bagaimana nantinya, sekarang menunggu pemanggilan dari pak Penjabat (PJ) Bupati aja karena kemarin telah disampaikan ke beliau", tutup Fajri. 

Beberapa waktu yang lalu telah dilakukan juga investigasi oleh tim yustisi untuk penanganan masalah ini, namun hingga kini belum membuahkan hasil dan peternakan masih terus berlanjut. (Pjr)