Respon Positif Masyarakat Atas Sosialisasi PT. Gelombang Seismic Indonesia di Desa Kepau Baru.

Jumat, 24 September 2021 - 15:07:26 WIB

Foto: Sosialisasi Seismik PT. GSI di Desa Kepau Baru, dihadiri Party Chip 1023 PT. GSI Turman Doloksaribu, Chip Sekurity PT. GSI Kolonel Harjito, Camat Tebing Tinggi Norman SH, Kades Kp Baru Acat, di Balai Desa Kp Baru, Jumat (24/9/2021).

MERANTI, WARTAPOROS.COM --
PT. Gelombang Seismc Indonesia (GSI) melaksanakan sosialisasi survey seismik 3D kepada masyarakat Desa Teluk Kepau, dalam rangka  mendengarkan bersama tentang seismic, yang berlangsung di Gedung Balai Desa, pada Jumat (24/9/2021).

Tampak hadir dalam sosialisasi survey seismic 3D malacca strait, Chip Security PT. GSI Kolonel Inf  Harjito (dari Kemenhan), Camat Tebing Tinggi Timur Norman SH, Bhabinkamtibmas Kepau Baru Brigadir Exsa, Kepala Desa Kepau Baru Acat, Manejer PT. GSI Turman, Kepala Dusun 1 Pendi,  Kepala Dusun 2 Awi, LKMD Asem Kan, RT, RW serta masyarakat yang turut hadir dalam undangan.


Mengawali acara, Camat Tebing Tinggi Timur Norman SH dalam sambutan menyampai selamat datang di Desa Kepau Baru ini, sebagai pejabat Camat yang baru dilantik pada 3 september lalu, kami sangat mendukung kegiatan sosialisasi survei seismik di wilayah kami.

Baik dari pemerintah desa, kecamatan bahkan kabupaten, kami sangat mendukung, mudah mudahan di wilayah kami terdapat sumber minyak yang banyak, ucap Camat Norman.


Kapolsek Tebing Tinggi IPTU Aguslan mangatakan, kegiatan survei seismik ini adalah merupakan program pemerintah dan memang harus dilaksanakan, jadi mari kita dukung agar berhasil.

Kolonel Harjito yang ditugaskan oleh Mabes TNI di Kemenhan yang juga merupakan Chip Sekurity PT. GSI mengatakan, Survei seismik adalah merupakan tahap awal dalam mencari minyak bumi yang menjadi tumpuan kebutuhan manusia di dunia. Pada kesempatan tersebut Kol Harjito mengucapkan terima kasih atas kehadiran warga masyarakat.
Saya dari Kemenhan memastikan agar pada kegiatan survei nanti sesuai dengan dengan aturan dan ketentuan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Kepau Baru Acat, menyampai rasa terimakasih atas adanya kegiatan survei seismik di desanya. Kami sangat berterimakasih atas kegiatan survei seismik, tentunya ini menjadi harapan desa kami kedepan nya nanti kalau sudah berhasil, kata Kades Acat.


Sementara ada data dan nama-nama masyarakat yang kebunnya di lintasi line akan tetapi kemungkinan ada juga oemilik yang bwlum twrdata, kami berharap  agar secepatnya menyampaikan kepada pihak pemerintah desa.

Permasalahan penting lain,adanya tanah masarakat yang dilintasi
 line tanpa memiliki tanda batas, yang kita tidak ingin dalam pendataan ini terjadi hal yang tidak diinginkan dan bagi masyarakat yang memiliki kebun yang terlintasi oleh line itu agar secepatnya di informasikan kepada pihak pemerintah desa, 

Pada sesi tanya jawab,  pihak perusahaan dengan masyarakat dan di dalam kegiatan sosialisasi inilah kita bertanya tentang kegiatan seismic nantinya agar kita tidak ada penasaran dan tidak ada salah paham dalam menyikapinya, "

Mari kita bersama-sama memberikan dukungan kepada pihak perusahaan yang akan mengerjakannya terutama kepada prusahaan yang akan mengerjakan nantinya sehingga  kedepan nanti memberikan kesempatan untuk masyarakat serta anak-anak kita untuk bisa berkerja di dalam perusahaan.


Di wilayah kita diberikan sumber kehidupan oleh Allah SWT yakni sumber minyak, namun kita pemilik lahan diatasnya sedangkan dibawah negara yang punya dan negara ini milik kita juga, namun pihak perusahaan hanya melaksanakan pengerjaan saja, pada siang ini pihak PT. GSI akan melaksanakan kegiatan sosialisasi ini juga menyampaikan tentang tekhnis kerja, seismic ini hanya mencari dan nanti setelah dinyatakan ada sumber minyak baru pihak perusahaan EMP yang akan mengerjakannya.

Kami dari Perusahan Gelombang Seismik Indonesia (PT. GSI) hanya mengerjakan untuk mencari data titik minyak dan PT. GSI juga diberikan kepercayaan dari perusahaan EMP untuk mengerjakan seismic ini sehingga kami dari perusahaan seismik ini belum langsung mendapatkan minyak, setelah selesai dikerjakan nanti data akan kami serahkan kepada EMP

Sunguh jelas program pemerintah untuk mendapatkan sumber minyak, untuk pengerjaan yang akan dikerjakan oleh PT. GSI ini terdapat 2 Kecamatan yang akan dikerjakan terutama di Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, setelah dikerjakan kami dari perusahaan melakukan sosialisasi di setiap Desa yang kami lewati atau yang kami kerjakan, di Kecamatan Tebing Tinggi Barat itu ada beberapa desa yang sudah dilaksanakan sosialisasi dan untuk Tebing Tinggi Barat terakhir sosialisainya di Desa Tanjung Darul Takzim yang kita laksanakan pada waktu lalu, Ujar Turman 

Camat 3T dalam sambutan menyampai selamat datang di Desa Kepau Baru ini, sebagai pejabat Camat yang baru dilantik pada 3 september lalu, kami sangat mendukung kegiatan sosialisasi survei seismik di wilayah kami.

Baik dari pemerintah desa, kecamatan bahkan kabupaten kami sangat mendukung, mudah mudahan di wilayah kami terdapat sumber minyak, ucap Camat Norman.


Kapolsek TT Iptu Aguslan, kegiatan survei seismik ini adalah program pemerintah dan memang harus dilaksanakan, jadi mari kita dukung 


Kol Harjito, Survei seiamik adalah merupakan tahap awal dalam mencari minyak bumi yang menjadi tumpuan kebutuhan manusia di dunia. pada kesempatan tersebut Kol Harjito mengucapkan terima kasih atas kehadiran warga masyarakat.
Saya dari Kemenhan memastikan agar pada kegiatan survei nanti sesuai dengan dengan aturan dan ketentuan.

Kades Acat, Kami sangat bertrrima kasih atas ada nya kegiatan aurvei seismik di desa kami, tentunya ini mwnjadi harapan desa kami kedepan nya nanti kalau sudah berhasil.

Chip 1023 PT. GSI, Turman Dolok Saribu mengungkapkan, Kami dari perusahaan seismik harus mensosialisasikan program survei seismik ini , sebab ini merupakan amanah dari pemerintah melalui SKK Migas, dari SKK Migas ke PT. EMP baru ke GSI. kegiatan survei ini tidak akan berhasil kalau tidak ada dukungan dari masyarakat dan pemerintah.

mudah mudahan sumber minyak banyak terdapat di wilayah desa Kepau Baru ini, sehingga nantinya kalau memang terdapat sumber minyak maka desa Kepau Baru akan mendapat keuntungan.

Turman juga menjelaskan secara singkat proses dan tahapan survei seismik, mulai dari pemasangan patok line, pengeboran dan perekaman data dengan menggunakan alat getar.

Alat ini adalah sebuah alat khusus yang digunakan untuk survei seismik yang daya getarnya sangat kecil sehingga tidak berdampak terhadap kerusakan lingkungan ataupun masyarakat.

Terkait kompensasi juga dijelaskan seperti tanaman..bwlukar rawa..sesuai perbub untukblintasan 4000rb/meter
sedangkan tiap lubangnya 100rb , pada tahap awal ini tidak ada pengalihan pemilik lahan. nanti bila di salah satu lahan terdapat sumber minyak maka dilakukan ganti rugi lahan.

Pada sesi tanya jawab, saudara Ejo Simanungkalit salah seorang warga desa kepau baru, menanyakan apakah masih boleh memasukan data susulan bukti kepemilikan lahan masyarakat.

Penanya brrikut, saudara Pendi bertanya terkait tenaga kerja, seandai nya memang ada sumber minyak di desa kami, apakah ada subaidi atau CSR untuk Desa Kepau Baru, dan apakah tenaga aurvei bisa dari desa kami.

Pada penjelasan terkait sagu hati atas tanah yang menjadi lintasan Line, pemilik llahan, atas nama Suyanto dapat memahami apa yang disampaikan oleh pihak perusahaan.

Diakhir sosialisasi Turman mwngingatkan agar data kwpwmilikan lahan diperifikasi oleh Kades sehingga tidak terjadi tumpang tindih dengan disrrtai ktp pemilik. Soal data memang harus lengkap, dan kalau ada data baru harus dilengkapi kembali dan diserahkan kehumas GSI. semakin banyak data terbaru maka akan lebih bagus, srhingga bisa kita petakan,

Walaupun Desa Kepau  Baru imi jauh di ujung pulau Tebing Tinggi, kami tetap datang untuk sosialisasi, pungkas Turman.(nik)