Bangkitkan Ekonomi, Pemuda Pematang Tengah Bangun Ekowisata Tasik River

Senin, 14 September 2020 - 22:22:33 WIB

WARTAPOROS.COM-Ekowisata atau ekoturisme merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

Tentunya konsep ekowisata dimaksudkan untuk menyelesaikan atau menghindari konflik pemanfaatannya dengan menetapkan ketentuan berwisata, melindungi sumber daya alam dan budaya, serta menghasilakan keuntungan dalam bidang ekonomi untuk masyarakat lokal.

Hal ini yang ditunjukan oleh Masyarakat dan Pemuda Pematang Tengah Desa Makteduh, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan dengan membuat ekowisata berbasis UMKM.

"Kita membuat ekowisata dengan tujuan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat yang berbasis UMKM,"kata koordinator ekowisata, Ragil ditemani Guntur saat melakukan sesi wawancara kepada media ini, Senin (14/9/2020).

Sambung Ragil, dengan pembuatan ekowisata yang diberinama Wisata Tasik River ini yang terletak dipinggir Sungai Kerumutan, menyuguhkan keindahan alam suaka margasatwa yang terlihat dari wisata tasik river.

"Kita bersama masyarakat dan pemuda pematang tengah bau membau membangun lokasi wisata ini. Kurang lebih puluhan pemuda yang ikut berpartisipasi membangun lokasi wisata tasik river ini,"ujarnya.

Ia juga berharap, lokasi wisata yang telah dibangun ini mampu menjadi lokasi wisata baru khususnya di Kecamatan Kerumutan, umumnya di Kabupaten Pelalawan.

"Kita juga mengharapkan perhatian pemerintah, untuk pengembangan ekowisata tasik river ini. Terlebih khususnya wakil rakyat di Kecamatan Kerumutan untuk bersama membangun wisata yang ada di kecamatan ini,"terangnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Pelalawan Yusri SH sangat mengapresiasi semangat pemuda dan masyarakat di Kecamatan Kerumutan. Sebab dengan motivasi serta semangat para pemuda mampu membangun ekowisata baru seperti wisata tasik ini. Tentunya diharapkan mampu menjadi ekomoni kreatif untuk para pemuda dan masyarakat.

"Potensi pariwisata adalah tambang yang meskipun terus diekplorasi tetapi nilai ekonomisnya tidak akan habis tergerus bahkan menjadi bertambah,"ungkap Anggota DPRD yang selalu dekat dengan masyarakat ini.

Insya Allah, dirinya sangat mendukung program pemuda di Kecamatan Kerumutan khususnya Pemuda dan Masyarakat Pematang Tengah yang selalu kreatif dalam peningkatan ekonomi di masyarakat.

"Saya juga sudah mengajukan aspirasi ke Dinas Pariwisata Kabupaten Pelalawan untuk membantu pengembangan pariwisata. Salah satunya pembuatan film promosi pariwisata di Kecamatan Kerumutan,"pungkasnya. (Hn)