Tim Kerja KKS Pelalawan Tinjau Persiapan Program PKTD di Kualo Kerinci

Jumat, 24 Juli 2020 - 21:45:04 WIB

Tim Kerja KKS Kabupaten Pelalawan Bersama Pukesmas Berseri Pangkalan Kerinci dan tim PKTD tinjau persiapan pembangunan Jamban atau WC rumah serta tempat cuci tangan di Kualo Kerinci.

WARTAPOROS.COM-Tim Kerja Forum Kabupaten Kota Sehat (KKS) Kabupaten Pelalawan, Riau meninjau persiapan pembangunan fasilitas jamban atau WC serta cuci tangan umum, Jumat (24/7/2020) di Dusun Kualo Kerinci, Kelurahan Kerinci Kota, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Kujungan itu dipimpin langsung, Wakil Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat Kabupaten Pelalawan, DR Salmiati bersama jajaran pengurus, Tim Pukesmas Berseri Pangkalan Kerinci serta tim Padat Karya Tunai di Desa (PKTD) Kelurahan Kerinci Kota.

Program PKTD bertujuan untuk menurunkan stunting di Indonesia yang harus diatasi yaitu akses sanitasi dan kemiskinan. PKTD sektor kesehatan merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat marginal/miskin untuk meningkatkan kualitas lingkungan dengan pembangunan sarana sanitasi dan cuci tangan pakai sabun.

Pemberdayaan bersifat produktif berdasarkan pemanfaatan sumber daya alam, tenaga kerja dan teknologi lokal dalam rangka mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan dan menurunkan risiko lingkungan dan perilaku tidak sehat dalam rangka menurunkan angka stunting.

"Kita bersama tim kerja KKS Pelalawan turun langsung meninjau persiapan pelaksanaan program PKTD di Dusun Kualo Kerinci," kata DR Salmiati kepada media ini saat meninjau rumah yang akan dibangun jamban atau WC.

Selain itu, Tim kerja KKS Kabupaten sudah terlebih dulu turun meninjau persiapan pembangunan Jamban atau WC dan tempat cuci tangan umum untuk masyarakat di Desa Tolam, Kecamatan Pelalawan.

Sementara itu, salah seorang warga Kualo Kerinci, Muhammad Ata (39) mengucapkan terima kasih dengan adanya bantuan pembangunan Jamban atau WC rumah serta tempat cuci tangan umum.

"Ya, pak sebagian rumah warga disini masih banyak menggunakan jamban atau WC di sungai, kalau adanya pembangunan jamban atau WC rumah tentu kita sangat bersyukur," ujar Muhammad Ata usai rumahnya di survei tim KKS Pelalawan, Pukesmas Berseri Pangkalan Kerinci serta tim PKTD.

Dirinya berharap, bantuan pembangunan Jamban atau WC rumah dapat secepatnya terealisasi dan bisa dimanfaatkan oleh warga secepatnya.***