Ini Harapan Asisten III H. Rosdaner SPd M.Pd Saat Menghadiri Pelantikan PPK Se-Kabupaten Meranti.

Ahad, 01 Maret 2020 - 09:43:14 WIB

Foto: Asisten III H. Rosdaner SPd M.Pd Saat Menghadiri Pelantikan PPK Se-Kabupaten Meranti, bertempat di Ballroom Hotel Grand Meranti, Selatpanjang, Sabtu (29/2/2020).

MERANTI, WARTAPOROS.COM - Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner SPd M.Pd menghadir kegiatan Pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Meranti, dalam kegiatan itu Asisten III berharap terjalin sinergitas yang baik antara PPK dan Aparatur Kecamatan serta Desa secara bersama-sama mewujudkan Pilkada Meranti 2020 yang aman tertip dan damai, bertempat di Ballroom Hotel Grand Meranti, Selatpanjang, Sabtu (29/2/2020).

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua KPU Meranti Abu Hamid, Komisioner KPU Provinsi Riau Rahman, Ketua Bawaslu Meranti Syamsurizal, Pihak Kesbangpolinmas Meranti, Perwakilan Polres Kompol Areng Swarsono, Ketua MUI Meranti H. Mustafa, Perwakilan Koramil Selatpanjang, Camat Se-Kabupaten Meranti, Perwakilan Kemenag Meranti, Tokoh Masyarakat, Pemuda, LSM dan lainnya.

Pelantikan PPK Kecamatan Se-Kabupaten Meranti langsung dilakukan oleh Ketua KPU Meranti Abu Hamid, yang ditandai dengan pengucapan sumpah oleh Ketua KPU diikuti oleh seluruh Petugas PPK yang dilantik, dilanjutkan dengan pemasangan Pin anggota dan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua KPU dan perwakilan PPK.

Seperti dijelaskan oleh Ketua KPU Meranti Abdul Hamid, Pelantikan PPK Kecamatan Se-Kabupaten Meranti ini dilaksanakan serentak Se-Indonesia. Dengan pelantikan ini artinya tahapan Pilkada serentak tahun 2020 sudah dimulai.

Diinformasikan jumlah PPK Kecamatan Se-Kabupaten Meranti yang dilantik kali ini berjumlah 45 orang. Sesuai amanat UU untuk tiap Kecamatan terdapat 5 Petugas PPK.

"Dengan pelantikan ini menandakan tahapan Pilkada tahun 2020 sudah dimulai," ujar Abu Hamid. 

Selanjutnya agar tahapan Pilkada ini berjalan lancar hingga terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati Meranti sesuai hati nurani masyarakat. Ketua KPU Abu Hamid, berharap kepada petugas PPK yang baru saja dilantik dapat bekerja dengan baik, penuh tasa tanggungjawab dengan senantiasa mengedepankan azas netralitas.

Ketua KPU mengibaratkan Pilkada seperti sebuah pertandingan bola dan wasitnya adalah penyelenggara Pilkada, yang mana jika wasitnya adil (penyelenggara), maka berapapun skor kemenangan pastinya akan dapat diterima tim yang bertanding. 

"Sukses tidaknya Pilkada salah satunya bergantung pada penyelenggara termasuk PPK ditingkat Kecamatan. Untuk itu sesuai dengan amanat UU kita harus dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Yakni bersifat netral, berintegritas dan adil," papar Ketua KPU.

Iapun menghimbau dalam melaksanakan tugas PPK jangan setengah hati tapi semaksimal mungkin dan tak lupa menjalin koordinasi yang baik dengan Pemerintan Daerah ditingkat Kecamatan dan Desa.

"Disini kami juga berharap dukungan dan suport dari Pemerintan Daerah khususnya pihak Kecamatan, karena dengan koodinasi dan kerjasama yang baik akan mudah mewujudkan Pilkada yang aman, tertip dan damai," pungkasnya.

Menyikapi hal itu, Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner sangat mengapresiasi pelantikan PPK Kecamatan Se-Kabupaten Meranti kali ini. Senada dengan Ketua KPU Meranti, Om Daner berharap petugas PPK yang baru saja dilantik dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai yang diamanatkan UU. Sebagai salah satu syarat suksesnya menjalankan tugas menurutnya dengan melepas ego masing-masing.

"Sebelum melaksanakan tugas mari kita lepas ego masing-masing dan bekerja dengan ikhlas, dengan begitu akan tercipta sebuah sinergitas yang baik antar berbagai pihak terkait untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada Meranti 2020 mendatang. Kepada PPK jagalah amanat ini dengan baik," ujar Asisten III Sekdakab. Meranti mengakhiri.(nik).