Seribu Pohon Aren dan Mahoni Ditanam di Bantaran Sungai Bangko Putiah

Rabu, 12 Februari 2020 - 14:28:32 WIB

Teks Photo Kegiatan penanaman seribu pohon dibantaran sungai bangko putiah dibuka Ass II Solok Selatan,usai acara dilakukan foto bersama.ABG

Solok Selatan.WP.Com---Ribuan bibit Aren dan Mahoni kembali ditanam oleh PT Supreme Energy Muaralaboh bekerja sama dengan pasukan orange BPBD Solok Selatan.Rabu (12/2).

Kegiatan ini berlangsung diareal PT Supreme Energy tepi sungai batang bangko janiah langsung dibuka oleh Bupati Solok Selatan yang diwakili Ass II Putra Nusa.

Acara ini mengambil tema"Kegiatan Penghijauan Bantaran Sungai Bangko Putih"Greend Belt of Bangko Putih River"

Hadir juga petinggi Supreme Energy Kepala Teknis Panas Bumi (KTPB) Yoza Jamal,kepala SCM Wahyu,Bujang Joan Dt Panyalai Humas Relesion,M.Roza,Kabid penanggulangan dan Kesiapsiagaan BPBD Solok Selatan Rusdi Hermen,Kapolres,Danramil,Wali Nagari,jorong setempat.

Kepala Kabid Penanggulangan dan kesiapsiagaan BPBD Solok Selatan Rusdi Hermen dalam laporanya mengatakan.Kegiatan ini berkolaborasi antata BPBD Solok Selatan dengan PT Supreme Energy dalam rangka menghijauhkan kembali hutan dipinggiran sungai bsngko putih ( Janiah).

Menindak lanjuti isu ancaman  terhadap masyarakat khusus didaerah aliran sungai bisa lebih aman dari musibah bencana banjir.

Peserta Destana yang kita bina ada dua nagari Pulakek dan Nagari Kapau Alam Pauh Duo dibantu oleh beberapa Destana Nagari Pasir Talang Selatan Pekonina Alam Pauh Duo,dengsn jumlah peserta sebanyak 120 orang

Kepala Teknik Panas Bumi (KTPB) Supreme Energy Yoza Jamal dalam sambutanya mengatakan.Kegiatan

yang kita lakukan hari ini bisa bermanfaat bagi masa depan kelestarian alam dan anak cucu kita nantinya,kegiatan ini merupakan warisan kita juga.

Salah satu program perusahaan dalam menjaga lingkungan,dengan menanam kembali bibit pohon dibantatan sungai.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan sosial menyangkut keselamatan kita terhadap kondisi alam,pohon yang hijau oksigenya sehat,kira semua jadi sehat

"Tanggap bencana itu lebih baik,dari pada menanggapi bencana" Katanya

Sementara itu Ass II Putra Nusa  dalam arahanya mengatakan,rusaknya bumi itu adalah akibat tangan tangan manusia,indahnya alam itu juga ulah tangan manusia juga,jadi mari kita sama sama menjaga dan melestarikanya.

Kegiatan ini jangan satu kali ini saja dihatapkan dapat berkelanjutan,untuk mengembalikan nuansa alam sehingga bisa mempertahankan ekosistim dan mengatasi sebab akibat bencana bsnjir,galodo dan sebagainya.

Pemda Solok Selatan sangat berterimakasih kepada perysahsan PPT Supreme Enegery yang selalu peduli dengan kemaslahatan masyarakat,termaduk mencegah erosi dan sebagainya.

Dengan perlahan,bantuan penanaman bibit dipingir sungai areal batang bangki ini,sedikut bisa menjawab kekawatiran masyarakat terhadap adanya penebangan hutan di ulu sungai bangko,PT Supreme dengan cepat mengantisipadi hal tersebut,dengan menabsm seribu pihon dipinggiran sungai batang bangko putih ini.

Setiap pohon yang ditanam itu harus dijaga dan dirawat sekurang kurang tiga bulan sekali,jangan hanya saat ini kita menanam,kemudian dibuatksn saja tanpa perawatan

Lokasi Pt Supreme ini harus dijadikan sentra buah buahan, lokasi Supreme ini lebih bagus ditanam  beragam bibit buah buahan seperti durian,kayu mahani,manggis dsn sebagainya.

Kalau itu diprioritaskan di Supreme ini banyak manfaatnya,terutama bagi alam dan anak cucu kita nanti.ABG