Peneliti Singgung Corona di Indonesia, Menkes: Suruh ke Sini

Rabu, 12 Februari 2020 - 08:04:44 WIB

Iustrasi/net

WARTAPOROS.COM-- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menantang peneliti epidemiologist Marc Lipsitch dari Harvard TH Chan School of Public Health yang menyebut kemungkinan Virus Corona baru atau 2019-nCoV sudah masuk ke Indonesia untuk membuktikan hasil penelitiannya.

Terawan yakin virus itu belum masuk lantaran pemerintah RI mengikuti prosedur standar internasional. Selain itu, kata dia, Indonesia telah memiliki alat untuk mendeteksi virus asal Cina tersebut.

"Harvard suruh ke sini. Saya suruh buka pintunya untuk melihat. Tidak ada barang yang ditutupi," ujar Terawan di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 11 Februari 2020.

Dilansir Tempo.co, Terawan mengklaim Indonesia telah berhati-hati melakukan pemeriksaan terkait berbagai kasus dugaan suspect virus Corona.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan sempat mencatat sekitar 62 kasus dugaan suspect virus Corona. Namun setelah menjalani pemeriksaan, semua sampel menunjukkan hasil negatif.

Untuk itu, Terawan meminta semua pihak bersyukur karena hingga kini Virus Corona belum menyebar di Indonesia. "Perkara Indonesia itu tidak ada (virus Corona) ya berkat Yang Maha Kuasa, karena doa kita semua. Kita tidak mengharapkan itu ada. Dan kita terus berdoa mudah-mudahan jangan ada mampir ke Indonesia," kata dia.***