Pjs Kepala Desa Rantau Baru Serahkan Boat Pompong Guna Maksimalkan Pencegahan Karhutla

Rabu, 29 Januari 2020 - 19:47:34 WIB

Pjs Kepala Desa Rantau Baru, Nazwir Alam, bersama Camat Pangkalan Kerinci, Dodi A Syaputra S.STP didampingi Kapolsek Pangkalan Kerinci, AKP Novaldi menyerahkan secara simbolis Boat Pompong kepada MPA Desa Rantau Baru.

WARTAPOROS.COM-Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Rantau Baru, Nazwir Alam menyerahkan secara resmi bantuan Boat Pompong kepada anggota Masyarakat Peduli Api (MPA), Rabu (29/1/2020) di tepian Sungai Kampar Desa Rantau Baru, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Serah terima itu dihadiri Camat Pangkalan Kerinci, Dodi A Syaputra, Kapolsek Pangkalan Kerinci, AKP Novaldi, Kasat Pol Air, IPTU YP. Aritonang, Manajer PT. Pusaka Megah Bumi Nusantara (PMBN) Bedian Satria dan Masyarakat Desa Rantau Baru.

"Hari ini kita melakukan serah terima Boat Pompong kepada MPA Desa Rantau Baru. Bantuan ini berasal dari dana Reward PT. PMBN karena tidak adanya terjadinya Karhutla tahun 2018 di Desa Rantau Baru," kata Pjs Kepala Desa Rantau Baru, Nazwir Alam saat menyampaikan sambutan.

Sambung Nazwir, melalui reward yang diberikan dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan pemacu semangat pencegahan Karhutla. Tentunya, seluruh anggota dan kru leader MPA serta masyarakat Desa Rantau Baru dapat mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran di wilayah Desa Rantau Baru.

Lanjut Nazwir, Boat Pompong ini selain untuk pencegahan Karhutla, namun bisa dimanfaatkan anggota MPA untuk menambah Income, setidaknya bisa meningkatkan ekonomi para anggota MPA Desa Rantau Baru.

Sementara itu, Kapolsek Pangkalan Kerinci, AKP Novaldi lebih menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Terlebih harus dipantau ketika ada orang luar masuk ke desa, minimal melaporkan diri ke desa, agar terhindar dugaan karhutla.

"Jangan membakar lahan, jika ada ditemukan melakukan pembakaran hutan dan lahan wajib ditangkap sesuai aturan hukum. Tindakan tegas itu dengan tujuan mencegah terjadinya kembali Karhutla di Kabupaten Pelalawan khususnya Wilayah Kecamatan Pangkalan Kerinci,"tegasnya

Ditambahkan Camat Pangkalan Kerinci, Dodi A Syaputra S.STP menegaskan bahwa Boat Pompong yang telah diberikan dapat dimanfaatkan MPA dalam mencegah Karhutla di wilayah Desa Rantau Baru.

"Kita juga minta MPA Desa Rantau Baru untuk koordinasi atau informasi jika adanya titik api, karena hal ini dipadang perlu agar bisa bersama-sama mengatasinya,"pungkasnya.***