Objek Wisata Goa Batu Kapal Mengalami Penurunan Kunjungan Akibat Hujan Berkepanjangan

Rabu, 01 Januari 2020 - 21:51:43 WIB

Teks Photo Sepi pengujung,lokasi wisata Goa Batu Kapal tahun 2019 mengalami penurunan kunjungan,terlihat tahun baru 2020 pun sepi.ABG

Solsel,WP.Com --- Goa Batu Kapal (GBK) Solok Selatan (Sumbar) sebagai wisata alam di Kecamatan Sangir Balai Janggo, yang biasa rapi pengunjung. 

Tapi di awal tahun 2020 terlihat sepi, menurut Pemerintah Kecamatan setempat dan pengelola GBK akibat pengaruh musim hujan dan pasca benacna alam.

"Dari pagi hingga siang ini memang telihat sepi, tapi mulai pukul 14.30 WIB pengunjung mulai berdatangan," kata Camat Sangir Balai Janggo, Muslim saat ditemui dilokasi wisata Goa Batu Kapal, Rabu (1/1).

Dia mengatakan, ini perdana GBK mengalami sedikit pengunjung di hari libur dan tanggal merah pergantian tahun.

Biasanya pengunjung membludak, nah sekarang bisa dihitung dengan jari. 

"Cuaca musim hujan ini, sangat berpengaruh terhadap kondisi wisata alam GBK yang biasanya dibanjiri pengunjung," ulasnya.

Tapi sudah sore lanjutnya, para pengunjung wisata alam goa ini berdatangan. Hingga jelang magrib, kondisi yang awalnya sepi, sudah mulai ramai kembali.

Akibat hujan turun sejak pagi hingga siang, sehingga warga tidak banyakenikmati suasana alam GbK tersebut di hari libur.

"Dengan adanya pergantian tahun dan pergantian musim, semoga kedepannya GBK menjadi pilihan utama berwisata," paparnya.

Sementara Ketua Pengelola GBK Yuneldi menjelaskan, selama tahun 2019 pengunjung GBK mencapai 80 ribu orang, baik pengunjung yang dikenakan tarif masuk maupun yang tidak seperti tamu Pemerintah Kenagarian, Kecamatan dan Kabupaten yang datang dari luar daerah.

"Jumlah ini, termasuk jumlah pengunjung yang merupakan tamu daerah yang ingin melihat GBK. Ini sebagai bentuk promosi goa alam ini," terangnya.

Dampak musim hujan hingga diawal tahun ini, kondisi GBK sedikit mengalami penurunan pengunjung.

Sebab dari pagi hingga siang, hujan masih turun. Sorenya pengunjung ramai kembali, ini pertanda pengaruh sepi disebabkan musim hujan dan pasca bencana alam.

"Kalau biasanya setiap tanggal merah, jika tak turun hujan. Pengunjung mencapai 300 orang perhari, kalau hari ini hanya kisaran 100 orang pengunjung," ungkapnya.ABG