Musim Hujan, Babinsa Diminta Siaga Longsor dan Banjir

Ahad, 01 Desember 2019 - 15:48:21 WIB

Foto: ist

WARTAPOROS.COM- Memasuki musim penghujan, Danramil 01/Bkn Kodim 0313/KPR Mayor Inf Andri Suardi, S. Sos, menginstruksikan para Babinsa untuk bersiaga.

Ia mengatakan kesiapsiagaan itu untuk memantau wilayah binaan dan melaporkan setiap perkembangannya.bHal ini dikatakannya saat ditemui di ruangan kerjanya, di Makoramil 01/Bkn, Jalan M Yamin, Kec. Bangkinang Kab. Kampar, Mingu (01/12/2019).

“Khususnya di wilayah-wilayah yang rawan terjadi tanah longsor dan banjir sesuai peta situasi di koramil 01/Bkn, karena bisa saja terjadi pada puncak musim hujan di bulan Desember,” kata Mayor Inf Andri Suardi.

Menurutnya, jika saat hujan deras terjadi tanah longsor, banjir, atau kejadian lainnya, bisa segera diambil tindakan untuk penanganan cepat dan tepat sesuai kejadian di lapangan.

Selain itu, kata dia, para Babinsa pun bisa mengingatkan warga binaannya untuk siaga dan berhati-hati.

Terutama bagi yang memiliki rumah di lereng diminta untuk lebih berhati-hati, karena dikhawatirkan hujan deras menyebabkanlongsor atau pergerakan tanah.

"Saya juga perintahkan para Babinsa yang berada di lokasi yang berpotensi bencana untuk melakukan pengumpulan data lokasi yang rawan terdampak bencana tanah longsordan banjir," ujar Mayor Andri.

Anggotanya diharuskan melakukan komunikasi dan sosialisasi secara aktif kepada masyarakat, untuk mengingatkan waspada cuaca ekstrem di saat musim hujan.

Hal itu diakuinya adalah tindakan pencegahan untuk meminimalisir dan menghindari korban saat terjadi bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Dengan adanya penekan dari Danramil sehinga babinsa Desa Merangin Sertu Cipto Wibowo bersama Bhabinkamtibmas lasung kelapangan menghimbau masyarakat untuk siaga dan lebih berhati-hati kerna jalan lintas Riau Sumbar yang   bertempat di Desa Merangin sering terjadi longsor di musin penghujan.(pjr)