Bukan Hanya Agnez Mo, Ariel Ternyata Tidak Ada Gen Indonesia

Rabu, 27 November 2019 - 16:33:00 WIB

Aril Noah.(Foto: int)

WARTAPOROS.COM - Penyanyi kondang Agnez Monica membuat masyarakat Indonesia terkejut baru-baru ini. Sebab, penyanyi yang kini lebih akrab disapa Agnez Mo ini mengaku tidak memiliki darah Indonesia.

Dalam video wawancara salah satu acara Build Series, Agnez mengaku bukan keturunan Indonesia, tetapi keturunan Jerman, Jepang, dan Tiongkok. Indonesia hanya sebagai tempat kelahirannya.

Namun ternyata bukan hanya Agnez Mo, musisi Ariel Noah juga ternyata tidak ada gen Indonesia, namun berasal dari gen Yunani, India, Afghanistan, dan Bangladesh. Kok bisa ya? Berikut penjelasan asal usul DNA Ariel Noah dilansir dari
majalah sejarah daring historia.id.

1. Ariel Noah memiliki 79,78 persen gen Asia Selatan

Penyanyi bernama asli Nazril Irham ini menjadi sukarelawan peserta tes DNA yang dilakukan Historia beberapa waktu lalu. Berdasarkan tes DNA, diketahui Ariel memiliki 79,78 persen gen Asia Selatan, 15,14 persen Asia Timur, 5,02 persen Asian Dispersed, dan 0,05 persen Timur Tengah.

Peneliti dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Profesor Herawati Supolo Sudoyo menjelaskan, Ariel memiliki persentase DNA Asia Timur yang cukup tinggi, dideteksi berasal dari Guam, pulau kecil di Pasifik.

Sementara, gen Asian Dispersed menggambarkan migrasi orang-orang Asia Timur dan Selatan ke Amerika Utara.

"Moyang genetik Asian Dispersed sama seperti orang Indonesia, namun umur gennya lebih muda," ucap Herawati.

2. DNA Ariel beragam varian India

Herawati mengungkapkan gen Asia Selatan yang melekat pada Ariel
merujuk ke negara Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka.

"Dalam DNA Ariel terdapat beragam varian India, yakni India secara umum, Golla, Bangladesh, Gope, Tamil, Rajput, Nepal, dan Bhutia. Tidak dijelaskan spesifik India mana, berarti yang ada di tubuh Ariel umum dimiliki oleh orang India,” kata dia.

3. Ariel juga punya DNA Yunani loh

Dalam halaman yang sama, Herawati mengungkapkan, DNA Ariel juga menunjukkan adanya fragmen genetika dari Yunani-Siprus. Gen ini berasal dari Pulau Siprus di Laut Mediterania bagian timur, Pulau di selatan Turki, di barat Suriah, di utara Afrika, dan di timur Yunani.

Semua itu sudah didiami sejak milenium ke-11 SM dengan ditemukannya desa pertanian Mediterania tertua di Siprus barat daya.

"Orang Yunani Kuno (terutama Akhaia) baru menetap di Siprus pada zaman Perunggu Akhir. Hubungan inilah yang jadi cikal-bakal gen Yunani-Siprus dalam tubuh Ariel," ujar dia.

4. Ariel terkejut mengetahui asal-usul nenek moyangnya

Sementara, usai mengikuti proyek DNA historia.id, Ariel terkejut saat mengetahui asal-usul leluhurnya yang tidak menunjukkan tanah kelahirannya.

Ariel merupakan pria kelahiran Pangkalan Brandan, Langkat, Sumatera Utara, namun dia tumbuh di Bandung, Jawa Barat. Secara garis leluhur dari sang ibu, Ariel berasal dari Padang, sementara ayahnya campuran Padang-Batak.

"Kita satu negara bisa banyak sekali keberagamannya, dan itu menarik. Berbekal dari pengetahuan masa lalu, bagus untuk masa depan. Terutama menghindari bully yang tak perlu tentang kesukuan,” ujar mantan kekasih Luna Maya itu.***